Saturday, December 31, 2016

Welcome Back, 2016

Kehilangan semangat untuk menulis lagi itu sama kayak kehilangan pacar, eh lupa padahal nggak pernah punya hehe. Pokoknya, rasanya nggak enak, banget! Sebelum aku mencoba menulis ini, ada satu draf yang kuniatkan untuk menjadi cerita penutup akhir tahun 2016. Sayangnya, entah karena aku yang terlalu baper atau memang sulit—sulit ditulis dan sulit diceritakan—cerita itu belum aku lanjut lagi. Tapi pastinya, aku bakal persiapkan tulisan tersebut supaya bener-bener publish di blog ini. Intinya, kamu nggak perlu susah-susah penasaran cerita tentang apa itu, bakal ada saatnya untuk di-post kok. Tinggal tunggu waktu, so iye bet dah ada yang mau nungguin, hah.


Malam tadi, aku sempat bikin stories di Instagram soal keluhanku yang satu ini, sedih rasanya nggak bisa ngeblog lagi, sedih nggak ada semangat untuk menyalurkan segala perasaan, menumpah-ruahkannya dengan sengaja di blog ini, meski pada akhirnya aku sering merasa malu kalau sampai ada orang yang membicarakan blogku secara langsung. Maksudku, Mamahku baca tulisanku aja kayak pura-pura nggak inget aku pernah nulis cerita itu, belum termasuk teman-temanku atau saudara-saudara yang menyadari aku 'bisa’ menulis.

Wednesday, December 7, 2016

Rasa percaya diri itu nggak dibuat, tapi ada karena hasil melatih diri.

Katanya, seseorang bergolongan darah AB memiliki kepercayaan diri tinggi. Well, hal itu mungkin berlaku untukku, tapi mungkin nggak semua orang setuju dengan hal tersebut. Tapi kali ini aku nggak akan bahas hubungan kenapa golongan darah menentukan kepercayaan diri. Kayaknya sih, nggak banyak hal yang relate antara dua hal tersebut. Secara ilmiah ada atau nggak? Monggo cari sendiri, aku sih gak mau *eh, becanda aja.


Percaya diri, confidence.

Apa yang pertama kali tebersit dalam benakmu saat terbayang kata tersebut? Buatku, sesimpel menjawab “THAT’S ME!!!”. Buat teman-teman yang mengenalku—secara langsung atau lewat media sosial, mungkin sebagian besar setuju mengatakan bahwa aku anaknya PD banget, kelewat PD bikin malu-maluin makanya. Sisa sebagian kecilnya bilang Acipa sebagai apa? Heboh nggak jelas, hehe.

Sunday, October 9, 2016

Jangan Dibaca Deh!

Kadang aku ngerasa aku bisa takjub dengan diriku sendiri, tapi kemudian ingin membuangnya dalam lautan luka dalam - di waktu tertentu.

Tapi bohong.

Dua bulan terlewati sejak punya status baru, bikin aku punya bentukan yang mulai terasah segala sisinya. Masih amat-sangat jauh dari kata sempurna pastinya, tapi tiap tempaan selalu aku yakini sebagai proses yang mengantarkanku jadi pribadi yang berkembang setiap harinya.

Aku percaya.

Bertemu dengan banyak orang baru, dengan karakter berbeda, dengan cerita yang beragam, membuatku selalu bersyukur untuk bisa ditakdirkan ada di ruang dan waktu yang aku jalani sekarang.

Aku sadar.

Saturday, August 20, 2016

Tutorial DIY Mini Notebook, Ikut Giveaway Challenge-nya Juga Yuk!

Meskipun hari Sabtu ini adalah puncak acara orientasi kampus sebelum Senin mendatang beneran jadi mahasiswa, aku nggak akan lupa untuk posting #DIYwithAcipa kok, apalagi minggu kali ini spesial karena ada giveaway challenge setelahnya. Yeay, siapa yang antusias? *angkat kepala* Baca terus ya ;)


Minggu ini, aku buat swakarya yang super gampang terbanget. Beneran deh, buatnya juga nggak akan lebih dari 10 menit dan cukup butuh alat dan bahan yang pastinya semua orang punya. Yap, mini notebook, kayaknya sih semua orang butuh barang ini, apalagi ukurannya yang kecil jadi gampang dibawa dan masuk kantong saku. Nggak ribet deh!

Tuesday, August 16, 2016

Cerita dari Orang-Orang Hebat, Saking Nggak Tau Mau Dijudulin Apa ._.

"Nyalaku hari ini bukan serta merta ada, pijarnya adalah hasil dari berbagai pantikan nyala yang lain. ...nyala itu bukan semangat terbakar-bakar di awal, tapi semangat untuk konsisten dan sabar meniti dan menerangi pelan-pelan." -- Muhammad Mahardhika Zein

Jadi aku bingung gitu ya, dua hari yang lalu ikut berpartisipasi dalam acara Gamais Festival, salah satu rangkaian acara yang digagas Gamais ITB dalam Penyambutan Mahasiswa Baru ITB 2016. Awalnya, niat awal banget, aku cuma mau nukerin kupon hand a book supaya dapat buku TPB gratis--which is aku dapat buku Kalkulus Om Purcell Jilid 1, ahzeg!, tapi malah jadi antusias sendiri ketika tau ada talkshow yang pembicaranya adalah Kak Dhika (Presiden KM ITB 2016) atau mungkin ada Kak Dhika sebagai pemateri talkshow--ya sama aja sih ya :p

Kak Dhika saat menceritakan tentang... *lupa lagi tentang apa, wkwk*

Saturday, August 13, 2016

Tutorial DIY Painting Rug, Karena Keset Welcome Sudah Biasa

Minggu kemarin, aku ngepos tutorial #diywithacipa lho disini, sedih sampai saat ini belum ada komentar sama sekali, saking mager promosi dan belum jalan-jalan ke blog teman-teman kali ya. Eh tapi nggak males, bulan ini adalah masa-masa awal aku di kampus, orientasi yang cukup menyita waktu, berhubung ngeblog satu dari hal yang penting tapi nggak mendesak (maklum anaknya baru di-training motivation), jadi aku sempatkan kalau ada waktu kosong aja.


So, bebikinan kali ini aja aku buat pas Jum'at malam alias sebelum pos ini tayang keesokan harinya--iya di Sabtu ini, untung DIY Painting Rug ini nggak ngabisin banyak waktu. Less than 30 minute and super easy! Kebetulan dua hari sebelumnya aku baru beli keset buat kosan, haha, because original so boring, and let's get started!  :P

Saturday, August 6, 2016

Tutorial DIY Braided Bandana, Bikin Bando ala Elsa

Jadi ini seminggu pertama aku jadi #anakkost, hmm... agak ketar-ketir juga karena masih banyak yang harus diatur sana-sini, ribet sih ya, berhubung segala sesuatunya harus dikerjain sendiri aku jadi harus adaptasi sama rutinitas baru. Tapi tetep seru kok, nggak lupa juga untuk post mingguan #diywithacipa ini, di kosan aku belum bikin prakaryaan sih, ini hasil bikinan waktu di rumah, hehe...


Kali ini, aku mau kasih tahu cara bikin bandana lagi. Yap, seperti yang pernah aku post sebelumnya disini, kali ini bandananya lebih unik, karena dikepang mirip rambutnya Elsa “The Frozen”, bikinnya gampang kok. Caww ah!

Saturday, July 30, 2016

Tutorial DIY Storage Shelves, Gampang Bikin Rak Multifungsi

Holaaa... dari minggu lalu udah kepikiran aja soal prakaryaan yang mau di-post, perasaan sih banyak banget idenya, cuma pas kemarin niat dieksekusi tiba-tiba kabur semua. Ada sih yang nyangkut, kenanya malah gagal maning gagal maning. Aku jadi belajar untuk bikin kerangka konsep nih, biar lebih rapi aja sih.


Oke, minggu ini aku bakal kasih tau cara bikin rak multifungsi yang simple dan portable, bikinnya dari kardus aja, dan nggak akan ribet aku jamin. Kamu bisa taruh ini dimana, untuk apa, dan bagaimana bentuknya, SABEB a.k.a bebas. Yuk langsung dibikin ;)

Saturday, July 23, 2016

Tutorial DIY Charge Holder, Wadah Hape Kamu Nih!

Storage ideas adalah salah satu kategori DIY yang paling aku suka banget! Selain karena fungsinya jelas—untuk wadah simpanan, bebikinan yang satu ini pun gampang banget dibuatnya. Meskipun, soal packaging seringnya fail dan jauh banget dari ekspektasi, wkwkwk. Well, kali ini aku bakal kasih tahu tutorial DIY yang sempat gagal. Cuma setelah kulihat akhirnya, nggak masalah deh, masih kepake. LOL


Phone holder, charge station, phone stand, atau apapun namanya—sesimpel wadah simpan hp sebenarnya—ini adalah tempat yang unik untuk simpan handphone kamu. Boleh dicoba dengan berbagai variasi bentuk, mau persegi, lingkaran, oktagon, heksagon, feel free~

Sunday, July 17, 2016

Terapkan 5 Cara ini untuk Sepatu Tomkins Milikmu

Sepatu baru Alhamdulillah, ‘tuk dipakai di hari raya. Nggak punya pun nggak apa-apa, masih ada sepatu tetangga. *eh Oke, yang ini nggak usah dinyanyiin, mubazir dan menyita 21 detik waktu kamu *ini udah aku cobain, btw*.

Ngomongin sepatu baru, nggak tau kenapa bawaannya selalu gemes sendiri, ya nggak sih? Semangat kita meningkat saking menggebu-gebunya dapat barang baru untuk alas si kaki ini. Saking hepinya, rasanya mau saat itu juga dipakai, diajak jalan-jalan, dan dipamerkan ke teman-teman.


Ehem, tapi tau nggak sih kalau ada trik khusus untuk pakai sepatu baru. Iya biar awet dan tahan lama dipakainya. Kan sayang kalau baru dapat, sepatunya langsung rusak karena keseringan dipakai dan malah bikin kamu jadi bete.

Tips pertama, setelah dapat sepatu yang baru kamu beli atau hadiah dari seseorang, jangan lupa buka kotak sepatunya ya, mau gimanapun kamu nggak akan bisa pakai itu sepatu kalau masih ada dalam kotaknya. Hmm, ini tips minta digampar banget ya yang nulisnya, wkwkwk.

Saturday, July 16, 2016

Tutorial DIY Turban Headband, Bikin Bandana Sendiri Yuk!

Ketagihan bikin DIY emang nggak pernah bikin rugi, nggak tau kenapa senang aja ngelakuinnya, meski apa yang dihasilkan selalu berbanding terbalik dengan tutorial yang ditampilkan para expert. Well, nggak papa sih, namanya juga amatiran, yang penting fungsinya mendekati guna aku pakai aja tuh, hehe.

By the way, aku ini punya rambut nanggung—panjang nggak, pendek juga nggak. Mau diikat ya susah, gak diikat repot. Jadi, sejak beberapa waktu lalu dapat free bandana dari hadiah langganan majalah, itu adalah salah satu barang favoritku untuk dipakai di dalam rumah, enak dipakainya karena nggak bikin repot dengan rambutku yang nanggung ini.


Oh iya, bandana itu semacam bando juga cuma tanpa penyangga plastik gitu ya, nggak hanya untuk diikat di kepala, kadang orang juga pakai buat masker penutup mulut dan hidung (disebut juga buff), leher, atau bahkan pergelangan tangan. Ya..., all in one deh sebenarnya :D Nah, sekarang aku bakal tunjukin caranya bikin turban headband, jadi bandana khusus untuk kepala meski kadang aku pake buat fungsi yang lain juga. Cuss!

Wednesday, July 13, 2016

Kamu Pernah Ditolak? Sama Saya Juga!

"Nggak ada penolakan yang nggak sakit, tapi pejuang yang gigih nggak akan mundur di penolakan pertama"

Oh jadi gini, perasaan yang sering dialami orang-orang ketika mendapatkan penolakan, sakitnya linu menuju ulu hati, nggak enak banget, suasananya campur aduk. Mau marah, bungkam. Mau nangis, malu. Mau bentak, gak tau diri banget. Ya sudah, jadinya bingung ditambah kesal. Cukup disimpan dalam hati, karena mungkin nggak setiap orang yang dicurhati mau dan bisa dimengerti.


Sama halnya yang aku rasakan kemarin, tepat kemarin siang, saat memperjuangkan satu hal ini yang sudah sekian lama aku nantikan waktunya. Dan belum apa-apa, aku udah ditolak pada percobaan pertama. Ibarat mau perang, belum dibolehin karena nggak punya senjatanya. Hiks :'(

Saturday, July 9, 2016

DIY Holographic Art

Akhirnya, kategori ini muncul untuk pertama kalinya di blogku. Well, hobi DIY (alias do it yourself) sebenarnya sudah lama aku tekuni, mungkin sejak masih kecil aku juga suka bikin-bikin sesuatu meski hasilnya nggak sebagus apa yang digambarkan tutorial, tapi karena suka ngulik dan recycle barang-barang bekas akhirnya jadi hobi yang ditekuni kalau nggak sibuk dan lagi mood bagus :D

Aku sendiri melabeli projek DIY milikku dengan mendaur ulang barang bekas, menggunakan bahan-bahan yang ada, dan kalau bisa nggak keluar uang sepeser pun. Yaaash, Rp0,- aja! Kalaupun harus membeli sesuatu, itu dipakai untuk beli printilan pernak-pernik supaya hasilnya "nggak seadanya banget". Meski demikian, keep it simple and let's get started!


Kamu pasti punya keping CD bekas yang nggak terpakai, bisa jadi CD-nya memang sudah lama, CD bajakan yang kalau diputar kekerebekan (?), atau memang cuma menuh-menuhin koleksi tempat CD aja. Daripada dibuang salah--which is keping CD adalah salah satu sampah B3 alias bahan berbahaya dan beracun--kenapa nggak coba untuk bikin hiasan untuk ruangan di rumahmu? Worth to try dan nggak ribet kok.

Tuesday, July 5, 2016

Siap Ngampus bareng Patlaborcamp 2016

“Jangan pernah selalu siap kuliah, karena di saat itulah kamu akan berhenti belajar.” –Luthfi Muhammad Iqbal

Well, harusnya cerita ini ditulis dari lama, setelah kegiatannya selesai biar lebih berasa fresh from the oven, tapi baru sekarang kesampaian aku cerita soal acara Patlaborcamp 2016. Apa sih Patlaborcamp itu? Ya, singkatan dari Preparatory Training for Leaders Before Campus, intinya sih semacam acara buat anak SMA yang baru lulus supaya lebih siap berkuliah. Got it? Ya seperti itulah~


Ngapain aja sih di Patlaborcamp? Banyak! Berhubung kayak ajang buat prepare sebelum ngampus, ya konten acaranya nggak jauh beda sama kegiatan ala perkuliahan meski dalam taraf yang lebih sederhana, ada mentoring, kuliah umum, UAS, talkshow, unit mahasiswa, himpunan, sampai BEM!

Sunday, July 3, 2016

Kepala Kucing vs Ekor Harimau

"Lebih baik jadi kepala kucing daripada ekor harimau." –temennya Kak Bani

Masih ingat dengan temanku yang kusebut di post sebelumnya, dia yang diterima Teknik Sipil Universitas Diponegoro? Iya, dia salah satu yang namanya juga pernah muncul di blog ini, cari aja kalau dapet, kalau nggak ngapain juga dicari, nggak akan ditanya di PU kok :p


Sejak awal, mungkin aku yang teramat heboh menyemangatinya untuk masuk universitas yang sama dengan yang kupilih, beda fakultas dong, biar peluangku lebih besar, hehe. Pokoknya, sebisa mungkin ada di universitas yang sama, biar bisa sombong jas almamater barengan, hmm... bohong kok, atau bisa jadi iya *eh.

Friday, July 1, 2016

Akan Ada Jalan-Jalan Kebaikan Lainnya

"Selagi Bumi Allah masih berputar sesuai kehendak-Nya, selagi itu pulalah akan banyak jalan yang bisa ditempuh."

Pengumuman kelulusan dari perjuangan tingkat nasional baru saja selesai, menyisakan satu dua pengumuman untuk beberapa perjuangan lainnya lagi. Aku, cuma bisa menyimak sampai sejauh ini, beruntung sejak awal, Alhamdulillah.

source

Sejak 31 Mei, di saat aku sudah “cukup lega” dengan perhentian atas nama undangan, di saat yang sama ada ratusan ribu teman-temanku, kawan yang perjuangannya lebih hebat bertempur atas nama ujian tes tulis. Kalau boleh jujur, aku saja merasa ragu dan takut, tidak percaya diri aku akan bisa, tapi teman-temanku bisa. MasyaAllah...

Waktu berlalu, masih ada resah yang timbul tenggelam, dalam hati dan pikiran teman-temanku itu. Takut seandainya hasil tak sesuai dengan kenyataan, meski digaungkan kutipan bahwa keringat yang dikeluarkan sang pekerja akan dibayar sepadan dengan upah yang didapatnya. Bagaimana kalau memang tidak setimpal? Apakah masih kurang banyak keringat yang bercucuran demi hasil yang muncul di layar. “Selamat”.

Sunday, June 12, 2016

#AnnyeongKStyle Review TonyMoly I Am Real Mask Sheet dari K-Style, Korean Beauty Online Shop

Ehem!

Oke, jadi ini pertama kalinya aku nulis postingan review beauty product. Sounds good atau kamu malah pengin ketawa? Hahaha xD

Jadi beberapa hari yang lalu, menyimak postingan salah satu teman blogger di thread komunitas, aku tiba-tiba kesambet mau beli produk kecantikan. Aku sendiri ngerasa heran aja, bela-belain jajan yang sebenarnya nggak sering banget aku beli, hehehe.
Adalah K-Style yang akhirnya membuatku menambatkan hatinya pada website online shop ini. K-Style ini adalah e-commerce yang menyediakan produk-produk kecantikan Korea, mulai dari kosmetik, skincare, sampai alat-alat styling brand Korea. Wah... Korea, jadi inget siapa tuh kalau dengar negara ini pertama kali?

Awalnya, K-Style ini adalah online shop dengan alamat tonymolyindonesia.com, yang waktu itu cuma ngejual item produk dari Tony Moly supaya bisa ngejangkau konsumen di Indonesia. Aku tau Tony Moly kok, jadi tenang aja ya, nggak usah panik kalau sampai aku gak tau, lol. Tapi kemudian, Desember tahun lalu, berubahlah mereka menjadi K-style.co.id supaya bisa menampung lebih banyak produk kecantikan dan styling dari brand Korea lainnya, jadinya nggak cuma Tony Moly aja. Yay!

Thursday, June 9, 2016

Kenalan dengan Kak Muzammil Hasballah, Si Pemilik Hati Makkah Otak Jerman

“Hijrahlah, kejarlah dunia, namun akhirat jangan pernah ditinggalkan”. –Muzammil Hasballah

Beberapa hari yang lalu, pas lagi asyik scrolling timeline instagram, aku nemu postingan dengan foto seorang pemuda, karena nggak kenal ya udah dilewat aja, eeeh... ternyata kemarin pagi Mamahku riweuh cerita soal imam masjid Al-Lathiif di Bandung yang masih muda, Muzammil namanya. Dan usut punya usut setelah kepoin official account line P3R Semesta Ramadhan, dia ini ternyata pengisi kegiatan IRAMA (Inspirasi Ramadhan) di Masjid Salman ITB kemarin sore.


Jadi nih, habis sadar kalau pertama kali aku nemu fotonya dari instagram Ustadz @yusufmansurnew, dan stalking bareng adik aku di instagramnya @muzammilhb, I feel like... I can’t thank you enough for Allah. Seriously, aku sering ngerasa beruntung karena segala hal benar-benar diatur oleh-Nya. MasyaAllah ya, Allah memang Maha Perencana Skenario Terbaik.

Monday, June 6, 2016

Bandung Kemarin Siang

Aku belum tahu banyak soal kota yang satu ini, tapi aku rasa beberapa tahun ke depan, tempat ini nggak hanya jadi rumah tapi juga bakal jadi tempat perjalanan. Kemarin, sehabis mencari rumah kos dekat kampus, aku ngajak Mamah-Abah untuk keliling Bandung, nggak keliling seluruhnya sih, cuma spot utama yang lagi ngehits, Alun-Alun Bandung.

Kemarin juga, pertama kalinya aku naik Damri, Trans Metro Bandung yang digadang-gadang Ridwan Kamil jadi angkutan massal yang murce mursidah. Katanya sih, “ayo naik bus biar nggak bikin macet!”, slogan yang terpampang unyu di kaca luar busnya. Senang deh, makanya aku kepikiran juga buat bikin postingan, cuma rada malu juga buat ngambil foto, takut dicibir norak, hehe.


Thursday, May 26, 2016

Guide to Be Happy: Inspired by @rizkydea's Tweets

“Life is really simple, but we insist on making it complicated.” – Confucius.

Hidup itu sebenarnya mudah, kalau kita menjalaninya dengan senang hati. Tapi jangankan dengan perasaan bahagia, rasanya punya masalah satu yang bikin kepala sakit aja udah bikin kita mencecar kalau hidup ini nggak asyik.

Padahal, bisa jadi kita yang terlalu meribetkan urusan hidup, terlalu banyak maunya padahal semuanya sudah diatur oleh-Nya. Kalau kata Kak @luluiii, rezeki itu sudah ditetapkan. Tinggal gimana cara menjemputnyalah yang jadi pilihan sekaligus ujian.


Hidup kita mungkin nggak sepenuhnya membahagiakan, ada kalanya kita bakal bertemu berpapasan berhadapan dengan masalah, wajar #namanyajugahidup! Tapi ada cara tersendiri buat kita biar bisa menjalaninya dengan bahagia. Memang nggak akan menghindarkan kita dari masalah dan ujian sih, tapi seenggaknya hal itu membantu kita untuk menjalani hidup sedikit lebih mudah.

Monday, May 23, 2016

Tentang Hal yang Bisa Kita Lakukan Setiap Saat

Karena bahagia itu pilihan. Sesulit apapun masalahmu, keputusan untuk terpengaruh atau nggak sepenuhnya adalah hak kamu yang bakal menentukan mood kamu nantinya.

Belakangan aku jadi senang untuk akses Youtube dan download tutorial DIY Room Decor, nggak hanya dapat ide untuk make over kamar sih, tapi juga seringnya dapat inspirasi karena bisa jadi tiap hari aku nontonnya. Inspirasi apa aja ya, selain yang udah aku sebut tadi, tentunya inspirasi jiwa—soal semangat. Para Youtuber itu sering banget pakai kutipan-kutipan buat projek mereka, sesimpel “Dream Big”, “Work Hard”, “Good Vibes”, sampai yang rada aneh semacam “Stay Weird”, “Young, Wild, and Free”, dan banyak kutipan lain yang so tumblr-ish.

Dan itu berpengaruh banget! Aku ngerasa itu benar-benar impactful, sampai akhirnya kemarin pagi aku mutusin buat ngasih judul blog ini “let the ‘Good Vibes’ flow in”. Rasanya quote good vibes sering banget aku temukan dimana-mana, sampai beberapa waktu lalu aku pernah bikin DIY di papan triplek bekas prakarya Ikmal, modal cat minyak sisa ujian praktik aku, dan kuas yang juga sama bekasnya xD Hemat uang tapi hasilnya keren kok!


Wednesday, April 20, 2016

Setelah 4 Tahun, Ini Yang Terjadi Dengan Kita

Hallow!

Jadi, ini aku ngeblog lagi, lho.

Rasanya kayak baru kemarin, tapi ternyata jalan empat tahun. Itu waktu lho! 365 hari dikali empat, 1460 hari. Empat tahun pertama kenal sama seorang teman yang sekarang punya titel baru, sobat. Emang dasar aku sih dulunya rajin banget cari kenalan sampai stalking akun sosial media orang, terus ngobrol, terus asyik, terus ngerasa nyaman, begitu terus sampai ada keinginan “kita meet up, yuk!”

Nggak keitung berapa kali aku kenalan sama banyak orang lewat media sosial, apalagi twitter yang bikin aku ketemu orang-orang baru setiap waktunya. Iya, maksudku bukan hanya sekedar follow-follow lalu unfollow, tapi lanjut kenalan hal lainnya yang bikin tau satu sama lain. Rasanya selalu wondering dan excited di saat yang bersamaan, nambah lagi relasi dan hubungan silaturahim. Alhamdulillah...